Kebelet Gowes

Hari ini seusai UTS ada kejadian yang WOW bagi gw. 
Tergambar jelas keletihan diwajah sepeda Helios F1 yang biasa gw tunggangin kemana-mana, road bike kebanggan pemberian Kakak tercinta. Kali itu gw baru keluar UTS dan beranjang pulang, di belokan pos satpam pedal helios membentur paving JEBREEEEEEEEEET....... dalam hitungan detik roda berada diatas dan sedel berada dibawah dengan pedal kiri digenggam erat oleh tangan kanan. WHAT...??? kok bisa? kejadiannya begitu singkat, sepeda yang ringan ran responsif ini memang sering bikin gara-gara kalau jarang dirawat. Rem yang ditekan terlalu dalampun bisa menyebabkan penumpangnya terjungkir kedepan, ah sudahlah.

Singkatnya, Helios gw istirahatkan dulu. Kaki yang sudah lama tidak pergi gowes jauh ini seakan berbisik. "Yok gowes, cari keringet". Bisik kakiku. Haaaalah
Sore itu langsung tancapgas, berbekal mulut maka terpinjamlah 2 MTB (UNITED dan EXOTIS). Dengan tema Test Ride rute kali ini Kampus ke Alun-alun Batu Nunggal. Sekitar 3 Km, kalu bolak balik ya berarti 6Km x 2 sepeda, berarti 12 Km jauh juga ya

Yang gw mau bahas disini adalah, sepeda mana yang cocok buat mahasiswa?
Pertama kita jabarin dulu, mahasiswa adalah seorang siswa yang diberi gelar maha karena jenjang sekolahnya yang dikatakan udah lebih dari 10tahun (versi gw). Mahasiswa pada umumnya belum berpenghasilan, makanya seadanya, kosan seadanya, fasilitas seadanya, istilahnya sih latihan hidup prihatin (nyatanya NGAK), dari hal itu kita bisa memprediksi budget buat mahasiswa beli sepeda itu berapa? prediksi saya yang disiapin mahasiswa tidak lebih dari 3juta. Ini buat ke kampus lho, bukan mahasiswa yang hoby gowes.
dari sisi harga maka merek juga berperan tinggi disini, merek yang terkenal cenderung lebih mahal, tp apakan lebih bagus? bisa jadi, bisa tidak,
United Miami (MTB) yang gw coba harganya lumayan juga +/- 3Juta. Dengan merek United, mesin yang lebih halus, shockbreaker depan dan tengah yang halus harga ini bisa dibilang setimpal.
Exotic (MTB) adalah merek Indonesia juga lho, harganya +/- 1,7jt. Semuanya standar, shockbreaker depan yang tidak terlalu lembut, namun layaknya speda baru jaman sekarang tarikanya mulus ringan.
Helios F1 (road bike) harga 3komaan, responsif, ringan, cepat. Tipe ini udah berubah di tahun 2015, harganya jadi 4,5jt namun dengan desain dan spesifikasi yang berbeda.

Helios F1
Dari yang United aja kali ya? Tunggangannya enak, shockbreaker yang lembut depan dan tengah membuat sepeda ini enak saat dijalan yang tidak rata. Kelemahannya adalah soal berat, speda ini 1,5kali lebih berat dari Exotic, hal ini berakibat speda ini tidak bisa mengandalkan kecepetan dan kesulitan saat tanjakan panjang. Shockbreaker juga lagi-lagi berpengaruh kepada speed, dengan shockbreaker ini kita tidak bisa dence atau ngayuh sepeda dengan cara berdiri dan menggoyangkan speda. Akselerasi juga lebih sulit dengan ban yang cenderung kotak, ini membuat efek kasar saat berbelok. Speda ini cocok buat santai bersama keluarga atau sahabat dekat yang tidak terlalu mencari banyak keringat, ini kayaknya cocok juga buat downhill nih hehe. Tapi it's okey, semua standart kok kalau buat kekampus aja.
Mari kita ke Exotic, speda ini tergolong pendatang baru dan turut meramaikan pasar speda tahun belakangan ini. Tarikannya ringan, kecepatan standar, berat standar, hockbreaker depan agak keras tapi oke malah tidak terlalu mengganggu. semua standar, dengan ban yang lebih kecil dari United dan bentuk yang melengkung membuat kita mulus saat belok. warnanya sporty, dibagian pedal agak kurang nggigit ya tapi tetep standar sih. ya udah deh standar aja. Speda ini cocok buat kalian yang ada daerah jalanan yang macem-macem, cocok buat mahasiswa dah. Gaya dapet, enaknya dapet, harganya pas di kantong.
Helios F1, speda ini tidak rekomended buat ke kampus. dah gitu aja. Fungsi kecepatan, jarak tempuh, kenyamanan, akselerasi dan frame yang ringan membuat speda ini responsif untuk tanjakan, jalan datar, maupun turunan. Kelemahan, sperpart mahal, walaupun dengan flat bar(stang datar) speda ini hanya bisa meredam jalanan yang sedikit tidak rata, kalau jalanan terlalu rusak maka akan mudah merusak frame maupun sperpartnya, Cocok buat olah raga, pergi ke kantor yang jauh.
shockbreaker dakn struktur ban yang Oke punya

Karat pada gigi 1 rear cassette


Sekali push bisa turun 3 gigi sekaligus (United)

Karat lagi

Ngayuhnya nyaman, walau agak aneh gimana di pedalnya

Begaya dulu di pinggir jalan

Begaya dulu di pinggir lapangan








Comments

Popular posts from this blog

Berbekal La Haula wa La Quwwata illa billah

Tutorial Blog student.telkomuniversity -Terbaru-

700 Days the Battle of Us vs the police OST