Kami, Bisnis dan SAP ERP dalam kompetisi

System Application and Product (SAP), terdengar asing sebelum gw ikutan ERM Challenge kemarin. SAP adalah sebuah aplikasi yanga dalah suatu software yang dikembangkan untuk mendukung suatu organisasi dalam menjalankan kegiatan operasionalnya secara lebih efisien dan efektif. SAP merupakan suatu tools IT dan manajemen untuk membantu perusahaan merencanakan dan melakukan berbagai aktivitas sehari-hari dan bla bla bla..

Kemarin tanggal 28 Februari ikutan ERM Challenge 2015 di Telkom PDC, hasilnya? belum cukup hebat buat ngegondol juara. Dengan memperebutkan total hadiah 10juta dan 1 tiket final ke Jakarta, temen-temen dari universitas lain juga tidak mau kalah beberapa universitas swasta bertanding di Telkom PDC sbg core kompetisi ERMC2015 di daera Bandung.
Kegiatan yang bekerjasama dengan Monsoon Academy ini tidak hanya berakhir di Jakarta, namun setelah Final di JKT para juara akan bertanding lagi di Singapura. Keren banget gak tuh?


SAP kemarin terdiri dari 12 modul aplikasi yang mempunyai kemampuan untuk saling mendukung ke semua transaksi yang perlu dilakukan suatu perusahaan baik B2C/B2B. Ke 12 belas modul itu adalah, finance, procurement, retail sales, marketing, werehouse/logistics, wholesale(B2B), production, MRP, planning, maintenance, HCM, customer service, Secara bertahap modul itu dibuka 1 persatu, dan hasilnya kereeen banget bro, sis. kegiatan perusahaan di ke12 modul itu keliatan semua. Permainan yang tidak bisa dikendalikan oleh 1 2 orang ini begitu kompleks dan awesome buat kalian anak bisnis. 


Suasana mengamati perkembangan profit perusahaan dan pesaing
Sekedar tau aja, di Indonesia, sudah banyak perusahaan besar yang telah mengimplementasikan SAP, misalnya Astra International, Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Bentoel Prima, United Tractor, Daihatsu Motor, Pertamina, Aqua, Telkomsel, Auto 2000, Blue Bird dan masih banyak perusahaan lagi yang tidak mungkin disebutkan satu persatu. Modul yang diimplementasikan tiap perusahaan pun beragam. Ada yang hanya memakai untuk keperluan area tertentu seperti Financial Accounting saja atau Sales and Distributon saja, namun banyak pula yang mengintegrasikan beberapa modul.

tim dari Adbis Tel-U seusai kegiatan
kita berangkat dari kampus jam 7.45 dan sampai di kampus lagi jam 18.00 waktu yang lumayan lama namun tidak terasa, ya walaupun tidak menang jugahahaha. Paling tidak, ketika tidak mendapatkan juara, kita bisa mendapatkan ilmu dari event ini. Bahwa ternyata gambaran SAP seperti ini, ternyata ketika kita mendapat profit ternyata masih bisa mendapatkan profit yang lebih besar jika dikelola dengan baik (buktiya kompetitor bisa mendapatkan profit lebih tinggi), teori-teori dalam perkulihaan tidak begitu dipake, hanya saja konsep dari teori-teori tersebutlah yang harus dipegang erat dan dekelola menggunakan pola pikir kita, bahwa setelah teori itu ada yang kemudian dibutuhkan adalah skill yang akan terasah sendirinya dari pengalaman, kesalahan(kekalahan), dan dari tekad kita untuk belajar.

Ya, tahun ini harus juara. Hanya saja butuh waktu yang tepat dan kompetisi yang tepat untuk meraihnya.
Butuh tekad, persiapan dan tentunya doa untuk menemukan ketepatan itu. 


Comments

Popular posts from this blog

Berbekal La Haula wa La Quwwata illa billah

Tutorial Blog student.telkomuniversity -Terbaru-

700 Days the Battle of Us vs the police OST