Tutorial Blog student.telkomuniversity -Terbaru-

Blog merupakan salah satu sarana kita dalam menyampaikan informasi keseluruh dunia, tentu saja karna bisa dilihat oleh semua orang. Blog dapat sebagai bahan curhatan, atau gaya-gayaan namun tak jarang juga blog menjadi media penyimpanan dan publikasi tugas-tugas para mahasiswa, termasuk kampus Universitas Telkom yang sering kali memanfaatkan blog sebagai instrumen tugas tertentu. Domain yang diberikanpun keren, yaitu "namamahasiswa.student.telkomuniversity.ac.id" yang bisa banget tuh buat ngebranding diri sendiri, menarik bukan? Tapi bagaimana sih cara menggunakannya?
Mengingat banyak dari kita yang masih awam maka menarik jika kita bahas bagaimana cara menggunakan blog student.telkomuniversity ini.


Step 1
(Buka i-Gracias)


Kalo ngaku mahasiswa Tel-U kalian pasti udah pada tau tuh apa itu i-Gracias, sebuat website yang teramat keren yang perlu banget kalian kepoin. Banyak banget manfaatnya, bisa liat jadwal, nilai, input TAK, regristasi, liat kurikulum, perwalian, dan masih banyak banget fungsinya. 


Step 2
(Click link menuju aktivasi SSO)


Aktivasi SSO(single sign on) maksutnya adalah mengaktifkan username & password untuk lebih dari satu platform. Agar i-Gracias, email, blog student.telkomuniversity memiliki satu username & password lebih enak kan? Makanya yang belum aktivasi pasti tidak bisa masuk email atau blog student.telkomuniversity. Yuk segera aktivasi SSO.


Step 3
(Aktivasi SSO)


Kolom yang harus diisi ketika kita mengaktivkan SSO. Setelah proses ini selesai kita akan mendapatkan notifikasi via email dan nomer HP yang pernah didaftarin waktu regristasi di i-Gracias. 


Step 4
(Log in i-Gracias)



Kalau sudah mengaktivkan dan mendapat notifikasi aktivasi SSO barulah kita masuk ke i-Gracias.


Step 5
(Klik link BLOG)

Beginilah tampilan dashbord i-Gracias. Link blog kita sudah tertera pada dashbord i-Gracias, sekarang tinggal klik link blog kita (seperti pada panah bitu) yang akan masuk secara otomatis ke link blog.


Step 6
(masuk ke blog)



Link blog kita pada tampilan sebelum log in. Masih polos dan siap di beri tulisan indah kalian :)
Pada proses ini klink Log in seperti yang ditunjukan pada panah biru diatas.


Step 7
(Log in ke wordpress blog Student.telkomuniversity)



Karena blog.sudent.telkomuniversity menggunakan wordpress maka kita masuk ke Log in Wordpress. Caranya gampang, tinggal masukan username & password i-Gracias sama persis.


Step 8
(click tombol buat postingan baru)



Kalo udah masuk kita tinggal klink "New" seperti pada tanda panah biru, yang berarti kita akan menambahkan postingan pada blog kita.


Step 9
(tulis materi yang pengin di post)



Tulis apa yang kalian mau tulis, jangan lupa kasih judul. Baru kalau sudah selesai kalian bisa klik "Publish" agar bisa dibaca sama orang se-dunia :)


Step 10
(clink view post buat nge-cek postingan kalian)


Tidak yakin postingannya sudah terpublish? Klik saja "View Post" seperti pada panah biru untuk mengecek postingan kita.


Stape 11
(postingan siap dibaca)



Taaraaaa, postingan kita sudah ada di link blog yang suap dibaca sama pihak-pihak yang berkepentingan :p


Segitu aja tutorial dari tim MOI, ada kurangnya mohon ditambahkan, ada lebihnya mohon dikembalikan. Eh ada lebihnya cuma dari Allah SWT semata.
*Awas ngeblog dapat menyebabkan ketagihan nulis, bercerita, dan mengasah kreativitas.

More info bisa koment aja dibawah :)
Thank you

Comments

Popular posts from this blog

Berbekal La Haula wa La Quwwata illa billah

700 Days the Battle of Us vs the police OST